Selasa, 21 Mei 2013

MEMBUAT KOMPOS KOTORAN SAPI SAMBIL BUDIDAYA CACING TANAH

Cara mengolahnya juga sederhana :

Kotoran Sapi sebagai bahan utama. Kotoran sapi bisa kotoran yang baru maupun yang sudah dingin. Yang masih baru biasanya masih lembek dan yang sudah dingin biasanya sudah mulai berkurang kadar airnya.
Bisa juga digunakan kotoran kambing, kelinci, ayam, limbah sayuran, sampah organic lainnya.
Siapkan wadah untuk memproses kotoran sapi menjadi kompos. Saya gunakan kotak bekas telur yang ada di rumah. Kotak dialasi dengan karung plastic bekas terigu. Alas ini untuk menahan kotoran jangan menetes kelantai. Bisa juga menggunakan kardus bekas.
Masukkan kotoran sapi ke dalam kotak. Ratakan dengan cethok supaya tidak ada gumpalan dan rongga kotoran. Apalagi kotoran sapi yang digunakan sudah dingin, kotoran ternak qurban kemarin. Kotorannya mulai menggumpal dan mengeras. Sehingga perlu dihancurkan dan diratakan dalam kotak.
Siapkan air secukupnya. Air ini gunanya untuk menjaga kelembaban kotoran sehingga cacing betah hidup di dalamnya. Cacing senangnya berada di lingkungan yang gelap dan lembab.
Apalagi kotoran yang digunakan di sini sudah mulai berkurang kadar airnya, sehingga perlu ditambahkan air. Banyaknya by feeling saja, yang penting jangan terlalu banyak, cukup basah saja.
Cara membasahi kotoran adalah dengan dikepretin pakai tangan saja, jangan diguyur. Lalu diratakan lagi dengan cethok, supaya kotorannya lebih gembur dan mengandung air secara merata sampai bawah. Mungkin sebaiknya supaya lebih merata airnya bisa dicampur dulu dengan kotoran pada timba plastic, lalu diaduk dengan kelembaban tertentu. Butuh tenaga ekstra untuk kotoran yang sudah dingin.
Jika sudah cukup basah dan merata sudahi penambahan airnya. Artinya kotoran sudah siap untuk ditabur cacing.
Siapkan cacing yang akan ditebar. Saya beli hanya 1 kg cacing, yang dalam hal ini sudah dicampur dengan kascing supaya cacingnya tidak lari dari wadahnya. Prosedur bakunya demikian dari penjualnya.
Dengan cacing 1 kg ini, dengan aturan main setiap 24 jam cacing ini memproses/makan sebanyak beratnya (dalam hal ini 1kg) maka kotoran yang diprakirakan beratnya 15 kg akan jadi kompos selama 15 hari lagi, sejak hari ini (23 Desember 2010)
Beginilah gambaran populasi dari cacing tanah berwarna merah ini, biasa disebut dengan red worm atau Lumbricus Rebellus, yang natural habitatnya di tanah dan biasanya digunakan untuk mengolah kotoran hewan menjadi kompos.
Kondisi seperti ini terjadi setelah lapisan teratas kascing disisihkan. Biasanya bagian atasnya tertutup kascing dan cacing bersembunyi di bawahnya, seolah-olah tidak bercacing.
Cacing dan kascing bawaan yang sudah ditebarkan di atas kotoran hewan. Dalam waktu yang tidak lama cacing-cacing ini langsung masuk ke dalam kotoran untuk memulai kehidupannya di tempat yang baru. Semoga Allah memberkahi pekerjaan ini.
Supaya tidak terlalu terang, karena lokasi mesin produksi vermikompos ini terlalu terang, meski tidak kena sinar matahari lansung, maka ditutupi dengan kardus bekas. Supaya cacingnya semakin produktif dan senang di kandang barunya.
Demikianlah cara mengolah kotoran sapi dan sebangsanya, tetapi disini saya gunakan bahan yang ada, kotoran sapi, gratisan, dengan memanfaatkan cacing tanah jenis red worm atau nama latinnya Lumbricus Rebellus.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimanakah cara membuat kospos dari kotoran sapi sisa pembuangan bio digester

brebesnesia mengatakan...

Assalamualaikum,,
Saya dari MSG 3 mau menawarkan formula yang berguna untuk pembuatan pupuk kompos dalam waktu 1-2 hari, ,sudah saya buktikan dan hasil dari pupuk kompos sesuai dengan standar nasional (sudah di uji lab )
Formula yang dibutuhkan adalah laktobio MSG3, Suplemen MSG3 dan kapur pertanian,,
Untuk pembuatan kompos sebanyak 2ton kotoran sapi ,kotoran ternak yang lain atau sampah yang sudah digiling hanya dibutuhkan 50 gram Laktobio MSG 3, 50 gram Suplemen MSG 3 dan 2,5kg kapur pertanian (bisa beli di toko pertanian) dan air 200L .
Harga 1 paket :
berisi :
50 gram laktobio MSG 3
50 Gram suplemen MSG 3
hanya Rp.90.000( belum termasuk ongkos kirim)
untuk bahan lain seperti 2.5 kapur pertanian bisa di beli di toko pertanian karena kalo dikirim dari kami akan mahal di ongkos kirim .
Proses pembuatan formulasi MSG 3:
1. Masukan 2.5kg kapur ke dalam drum kapasitas 200L dan rendam dengan air , tunggu sampai kapur mengendap
2. Pisahkan endapan kapur dengan air hasil rendaman kapur tersebut (endapan kapur dapat digunakan lagi)
3. Masukan laktobi sebanyak 50 gram ke dalam air hasil rendaman kapur tadi
4. Kemudian masukan suplemen sebanyak 50 gram
5. Setelah di campurkan aduk sampai rata
6. Diamkan beberapa saat dan formulasi bisa langsung digunakan
Proses pembuatan pupuk kompos :
1. Kotoran ternak yang masih baru atau yang sudah di simpan di ratakan di atas tanah yang lapang dan tersinari matahari dengan cukup kurang lebih tebalnya 10cm
2. Masukan cairan formulasi MSG 3 tadi ke gembor atau alat penyemprot lainnya
3. Semprotkan atau siramkan cairan formulasi MSG 3 tersebut secara merata ke kotoran sapi
4. Setelah di semprot diam kan beberapa saat dan tunggu warna berubah menjadi kecoklatan
5. Apabila warna sudah mulai kecoklatan semprot lagi kotoran sapi tersebut dengan cairan formulasi , ulangi langkah tersebut 3 sampai 4 kali
6. Pada penyemprotan ke tiga bau amoniak kotoran sapi akan berangsur menghilang
7. Biarkan kotoran sapi tersebut kering dengan bantuan sinar matahari
8. Diamkan satu hari , dan keesokan harinya pupuk kompos sudah siap untuk digunakan
Untuk info lebih lanjut bisa langsung klik link ini :
http://agribisnismsg3.blogspot.com/…/pembuatan-pupuk-kompos…
selain untuk pembuatan kompos air dari campuran formula dapat digunakan untuk:
1. Steriliasai tambak, kolam ikan, kandang ayam , kandang sapi dll
2.Untuk penyimpanan buah dan sayuran agar hama dan penyakit tidak masuk ke tempat penyimpanan
3. Sebagai penghilang bau menyengat seperti sampah
4. Pengusir lalat
5.Untuk pengolahan sampah agar tidak bau dan bisa langsung dimanfaatkan sebagai pupuk kompos
Untuk formula dapat di beli di kami :
hubungi 087830003499
PIN 32F8D220
email : maulanagemilang38@gmail,com
melayani KONSULTASI GRATIS
Link video youtube saat penggunaan formula untuk penanganan sampah :
https://www.youtube.com/watch…
-MS Group-

Posting Komentar

 
;