Selasa, 21 Mei 2013

Prospek Peluang Bisnis Daur Ulang Sampah

Sampah merupakan benda sisa yang tidak bermanfaat lagi karena itu biasanya sampah – sampah selalu bernasib sama yaitu dibuang begitu saja yang pada akhirnya bisa menumpuk seperti yang terjadi pada gambar di bawah ini..

Apabila sampahsampah itu tak tertangani dengan baik dan dibiarkan begitu saja akibatnya akan sangat besar bagi kita semua. Sebelum ini terjadi ada baiknya sampah yang dihasilkan oleh industri maupun rumah tangga sebaiknya di daur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah

Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah

Berikut kami rangkum berbagai pengolahan dan daur ulang sampah yang telah berhasil mengolah sampah menjadi barang atau benda yang bernilai guna.

Pengolahan dan daur ulang sampah plastik

Sampah plastik sejatinya tidak mudah terurai oleh alam, hingga 10 tahun pun akan tetap sama. Bila sampah – sampah plastik dibiarkan lambat laun dapat mengakibatkan penumpukan sampah. Untuk menghindari hal buruk seperti ini daur ulang sampah plastik sangat dibutuhkan. Inilah beberapa contoh daur ulang sampah plastik yang mungkin dapat menjadi inspirasi anda, diantaranya menjadi barang kerajinan, hingga plastik hasil daur ulang berikut ini :
Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang SampahBerbagai Pengolahan dan Daur Ulang SampahBerbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah

Pengolahan dan daur ulang sampah kayu dan kertas

Penggunaan kayu yang berlebih dapat mengakibatkan kegundulan pada lahan perhutanan. Untuk lebih menghemat sekaligus mengurangi penumpukan sampah, berbagai sampah dari kayu dan kertas bisa di daur ulang menjadi furniture unik dan kertas kembali atau barang lain yang memiliki nilai guna. Semisal gambar di bawah ini :
Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang SampahBerbagai Pengolahan dan Daur Ulang SampahBerbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah

Pengolahan dan daur ulang sampah kaca

Sampah kaca tentu salah satu sampah yang amat sukar untuk terurai di lingkungan, dan sering kali sampah ini menimbulkan masalah. Untuk menyikapi bagaimana cara mengatasi sampah kaca, kita perlu menggunakan kreatifitas, seperti botol kaca bekas kecap bisa kita pergunakan kembali untuk wadah atau didaur ulang ke bentuk yang lain agar memiliki nilai jual yang tinggi seperti barang kerajinan seperti dekorasi rumah, piring, perhiasan dan lainnya ..
Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang SampahBerbagai Pengolahan dan Daur Ulang SampahBerbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah

Pengolahan dan daur ulang sampah logam

Mendaur ulang sampah logam sepertinya tidaklah mudah sebab kita diharuskan mengetahui bagaimana cara melebur logam tersebut dan membentuknya menjadi benda yang lebih bermanfaat. Namun bila kita menyerah terus terang sampah logam merupakan sampah yang paling sukar untuk terurai alhasil bisa menumpuk sejuta masalah yang membelit.
Kalau kita bisa lebih kreatif dan percaya diri pasti kita mampu untuk menyulap sampah logam menjadi benda yang sangat mengagumkan dan luar biasa seperti recycle robot dibawah ini yang terbuat dari mobil bekas dan besi tua atau modern furniture seperti berikut
Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah
Dan lainnya. Silakan anda coba, pasti bisa

Pengolahan dan daur ulang sampah organik

Sampah organik seperti kulit buah, dedaunan dan kotoran hewan bisa di daur ulang menjadi kompos. Pupuk organik ini sangat bagus untuk menjaga kesuburan tanah selain itu bila penggunaannya berlebihan pun tidak akan merusak lingkungan, ini sedikit berbeda dengan pupuk kimia yang dijual dipasaran.
Mulai sekarang mari kita daur ulang sampah yang ada di sekitar kita, jangan biarkan semuanya menumpuk tanpa memiliki arti dan manfaat.

Sumber: http://sedotwcjakarta.net

4 komentar:

Unknown mengatakan...

cara bikinnya gimana ?

WA08812941957 mengatakan...

Cara bikinnya anda silahkan berkunjung di desa sukunan yogyakarta di sana anda akan di kasih tahu cara bikin kerajinan dari sisa daur ulang.

Unknown mengatakan...

saya tertarik salah satu gambar di ats untu membuatnya sungguhan, tolong donk gan, selaku orang bloger [pasting cara-caranya, atau bahan utama untuk membuatnya....

Unknown mengatakan...

boleh au untuk alamat lengkapnya desa tes? dan apabila saya minta bantuan untuk tau cara2 daur ulang apakah pakai biaya? dan berapa biayanya?trims

Posting Komentar

 
;